Berita

Pemugaran Candi Induk Kedulan


Friday, 18 January 2019 Di Posting Oleh Admin

Candi Kedulan merupakan candi bercorak Hindu yang terdapat di Dusun Kedulan, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Kedulan berlatar belakang agama Hindu berdasarkan temuan Lingga - Yoni, Arca Agastya, Arca Ganesa, Arca Durga, Arca Nandiswara, dan Arca Mahakala. Selain itu juga ditemukan Arca Nandi beserta dua padmasana dan Lingga Yoni berukuran lebih kecil di dekat candi perwara.

Pelaksanaan pemugaran Candi Kedulan dilaksanakan secara bertahap. Pada tahun 2018 dilaksanakan pemugaran candi induk Kedulan sedangkan ketiga candi perwara akan dilaksanakan pada tahun 2019. Kegiatan pemugaran candi induk Kedulan dilaksanakan mulai 5 Januari 2018 sampai dengan 11 Desember 2018, dengan jumlah hari kerja efektif sebanyak 275 hari kerja.  Kegiatan ini melanjutkan review/pengumpulan data dan pembongkaran candi induk Candi Kedulan yang dilaksanakan pada tahun 2015 dan 2017. Kemudian dilanjutkan dengan Studi Kelayakan yang dilaksanakan oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Yogyakarta bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman pada tahun 2002. Berdasarkan data yang ada, kegiatan studi kelayakan menyimpulkan bahwa candi induk Kedulan layak dipugar, karena komponen batu candi yang ditemukan sebanyak 85% dan seluruh profilnya sudah terwakili dan dapat diketahui bentuk keseluruhan. Pemugaran didahului dengan kegiatan Studi Teknis pada tahun 2004, termasuk di dalamnya perencanaan pemugaran yang juga meliputi penataan lingkungannya. Pada tahun 2015 dan 2017, dilakukan review/pengumpulan data dan pembongkaran Candi Induk Candi Kedulan. Pada tahun 2018, dilakukan kegiatan pemugaran Candi Induk Candi Kedulan.

Pelaksanaan pemugaran Candi Kedulan dilaksanakan secara bertahap. Pada tahun 2018 dilaksanakan pemugaran candi induk Kedulan sedangkan ketiga candi perwara akan dilaksanakan pada tahun 2019. Kegiatan pemugaran candi induk Kedulan dilaksanakan mulai 5 Januari 2018 sampai dengan 11 Desember 2018, dengan jumlah hari kerja efektif sebanyak 275 hari kerja.  Kegiatan ini melanjutkan review/pengumpulan data dan pembongkaran candi induk Candi Kedulan yang dilaksanakan pada tahun 2015 dan 2017. Dasar dilaksanakannya kegiatan pemugaran ini dikarenakan hasil dari studi teknis dan studi kelayakan yang dilakukan di Candi Kedulan telah ditemukan lebih dari 80 % data sehingga candi kedulan ini layak untuk dipugar. Kegiatan pemugaran dilakukan sesuai dengan kaidah pemugaran yaitu mulai dari prapemugaran, pemugaran, dan pascapemugaran berupa penataan lingkungan. Dalam setiap kegiatan dalam pemugaran ini tidak lepas dari dokumentasi baik gambar, foto, maupun video. Di dalam tahap pasca pemugaran akan dilakukan pembersihan bangunan candi secara menyeluruh dan penataan lingkungan, yaitu penataan level ketinggian tanah asli (maaiveld) dan pembersihan tanah sekitar.



Back to top