Event & Kegiatan

Sosialisasi Cagar Budaya Bioskop Keliling di SD Kanisius Pugeran Yogyakarta


07 May 2017 Di Posting Oleh Admin

Pelajar SD Kanisius Pugeran Yogyakarta mempunyai cara unik menyambut kedatangan Tim Bioskop Keliling Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta (BPCB DIY) pada Selasa pagi (27/4). Mereka kompak mengecat wajah masing-masing dengan warna putih dan berseragam pakaian adat Jawa- Yogyakarta. Tanpa malu-malu, satu per satu pelajar melakukan gerakan-gerakan lucu, namun tanpa bersuara sedikit pun. “Ha..ha..ha..,” suara tawa salah satu anggota tim Bioskop Keliling BPCB DIY akhirnya memecah suasana hening pertunjukkan pantomim pelajar SD Kanisius Pugeran Yogyakarta saat penyambutan.

Pagi itu, BPCB DIY melaksanakan sosialisasi cagar budaya bagi pelajar SD Kanisius Pugeran Yogyakarta, dengan menggelar pemutaran Bioskop Keliling. Sosialisasi cagar budaya tersebut diisi dengan rangkaian acara antara lain: Penyampaian materi cagar budaya oleh Himawan Prasetyo, narasumber BPCB DIY. Setelah pemaparan materi kemudian dilanjutkan pemutaran film cagar budaya, sejarah, dan pendidikan karakter.

Para pelajar begitu antusias menyaksikan film yang disajikan oleh tim Bioskop Keliling BPCB DIY. Sebagian besar pelajar mengaku senang bisa belajar tentang warisan budaya peninggalan nenek moyang melalui media film. Biasanya mereka lebih sering mendapat pengetahuan tentang warisan budaya dari guru dan membaca buku.

Sosialisasi cagar budaya Bioskop Keliling semakin meriah karena ada penampilan duo pelawak Dalijo dan Wiro. Kedua komedian itu menghibur pelajar dengan guyonan yang mendidik. Di sela-sela lawakannya, Dalijo dan Wiro menyelipkan informasi cagar budaya yang ada di Yogyakarta kepada pelajar. Mereka juga mengajak pelajar untuk ikut serta menjaga kelestarian cagar budaya. Salah satu caranya yakni dengan tidak melakukan aksi vandalisme atau mencorat-coret cagar budaya.

Untuk mengasah daya ingat pelajar, Dalijo dan Prawiro mengadakan kuis dengan memberikan beberapa pertanyaan terkait materi yang disampaikan oleh narasumber BPCB DIY dan isi dari film yang sudah ditonton pelajar. Bagi pelajar yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar, diberi hadiah berupa buku terbitan BPCB DIY.

Selain menyajikan film cagar budaya, Tim Bioskop Keliling juga memberikan beberapa buku terbitan BPCB DIY kepada SD Kanisius Pugeran untuk menambah koleksi buku perpustakaan sekolah. Pemberian buku dilakukan oleh Ketua Tim Bioskop Keliling BPCB DIY, Ign. Eka Hadiyanto, dan diterima oleh Kepala SD Kanisius Pugeran, Theresia Mardinah. “SD Kanisius Pugeran mengucapkan terima kasih kepada BPCB DIY, karena sudah bersedia berbagi pengetahuan dengan memutarkan film dan memberikan buku-buku tentang cagar budaya. Apa yang sudah BPCB DIY berikan, begitu bermanfaat bagi kami dalam menambah wawasan mengenai khazanah warisan budaya bangsa,” kata Theresia.  



Back to top