Event & Kegiatan

Pameran Cagar Budaya BPCB DIY di Acara Perwimanas II


27 September 2017 Di Posting Oleh Admin

Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta  telah selesai menggelar pameran Cagar Budaya di acara Perkemahan Wirakarya Pramuka Ma’arif Nahdlatul Ulama Nasional II (Perwimanas II) di Lapangan Tembak Akmil Magelang pada 18 s.d. 22 September 2017. Pada pameran tersebut BPCB DIY mengangkat tema “Memahami Karya Peradaban Bangsa, Membangun Generasi Peduli Budaya, Berkarakter, dan Berintegritas”. Tema pameran tersebut selaras dengan tema perhelatan Perwimanas II yang bertajuk “Ahlussunah wal Jamaah An-Nahdliyah: Kokohkan Karakter Generasi Bangsa”, yang bertujuan menggembleng mental dan fisik para pemuda Nahdlatul Ulama seantero Indonesia agar menjadi generasi yang berkarakter sesuai dengan kebudayaan bangsa Indonesia.

Sesuai dengan tema yang diusung, stan pameran BPCB DIY mengekspos kegiatan pembelajaran Cagar Budaya bagi pelajar yang dilakukan melalui berbagai kegiatan antara lain: Sekolah Cagar Budaya, Kemah Budaya, dan Jelajah Budaya. Kegiatan pembelajaran Cagar Budaya yang ditampilkan dalam pameran meliputi penggalian arkeologis (ekskavasi), fotografi Cagar Budaya, pengukuran dan penggambaran bangunan candi, praktik susun coba (anastilosis), pemanduan, kunjungan, dan penjelajahan situs Cagar Budaya.

Untuk menambah daya hidup pameran, stan pameran BPCB DIY juga menyuguhkan praktik rekonstruksi dan identifikasi replika artefak berupa gerabah. Praktik tersebut boleh dicoba oleh semua pengunjung. Bagi pengunjung yang berhasil menyusun pecahan gerabah hingga membentuk gerabah utuh (rekontruksi) dan juga bisa mengidentifikasinya, akan diberi hadiah berupa satu paket suvenir yang menarik.

Stan pameran BPCB DIY juga menyajikan beragam leaflet yang mengulas informasi candi-candi yang ada di DIY, antara lain Candi Prambanan, Candi Banyunibo, Candi Barong, Candi Ijo dan Candi Kimpulan. Selain itu, disediakan pula leaflet yang berisi panduan konservasi material Cagar Budaya dan pemugaran Cagar Budaya. Sebagai kenang-kenangan, stan pameran BPCB DIY juga memberikan suvenir gratis kepada pengunjung berupa pin cantik bergambar candi-candi di DIY dan gantungan kunci menarik berbentuk replika Candi Prambanan dan Tugu Jogja. (Ferry A.)



Back to top