Event & Kegiatan

Workshop Videografi Cagar Budaya bagi Pelajar Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman DI Yogyakarta


24 April 2018 Di Posting Oleh Admin

Workshop Videografi Cagar Budaya merupakan salah satu kegiatan yang diadakan oleh Unit Kerja Dokumentasi dan Publikasi dari BPCB DIY. Kegiatan workshop ini merupakan kegiatan yang rutin diadakan Unit Kerja Dokumentasi dan Publikasi. Kegiatan ini diselenggarakan di Museum Benteng Vredeburg pada Sabtu dan Minggu tanggal 21 - 22 April 2018. Peserta Workshop ini adalah pelajar SMA dan SMK di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman. Peserta yang hadir sejumlah 50 orang.

Kegiatan ini bertujuan memberikan pembelajaran tentang videografi kepada para pelajar,  meningkatkan apresiasi dan pengetahuan kalangan pelajar tentang cagar budaya yang mengarah pada terwujudnya pelestarian benda, bangunan, struktur, situs dan kawasan cagar budaya, dan sekaligus memperkenalkan potensi budaya yang ada di DIY dalam rangka memupuk rasa kebanggaan Nasional dan mempertebal jati diri bangsa.

Acara Workshop dibuka oleh Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya D.I. Yogyakarta,              Ibu Dra. Ari Setyastuti, M.Si pada pukul 08.00. Setelah pembukaan dilanjutkan dengan pemberian materi. Materi dari Workshop meliputi:

1.      Pengenalan Pelestarian Cagar Budaya

2.      Pengenalan Dasar-dasar Videografi Cagar Budaya

3.      Praktek Videografi di Candi Prambanan

4.      Praktek editing di ruangan

5.      Presentasi karya videografi

6.      Evaluasi

Pemberian Materi berada di dua lokasi. Pada hari pertama (Sabtu, 21 April 2018 ) dimulai dari jam 08.30 sampai 11.00 materi diberikan di dalam ruangan. Setelah pemberian materi, dilakukan ekskursi (praktek lapangan) di Candi Prambanan. Sesi ekskursi ini berakhir pukul 14.30.

Sementara kegiatan pada hari Minggu, 22 April 2018 adalah praktek di dalam ruangan. Kegiatan praktek meliputi Videografi dan Editing Videografi. Sesi terakhir di hari kedua ini adalah evaluasi. Sesi Evaluasi ini diisi dengan presentasi dari sejumlah siswa peserta workshop mengenai hasil videonya. Dari sesi ini menunjukkan antusiasme peserta dalam mengikuti workshop. Setelah sesi ini, workshop pun ditutup oleh Kepala BPCB DIY. 



Back to top