Event & Kegiatan

Kegiatan Ekskavasi Penyelamatan Candi Abang Tahap III


21 May 2018 Di Posting Oleh Admin

Kegiatan Ekskavasi Penyelamatan Candi Abang merupakan salah satu bagian dari kegiatan Unit Kerja Penyelamatan, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja Unit Kerja Penyelamatan, Pengembangan, dan Pemanfaatan pada tahun 2018, BPCB D.I.Yogyakarta. Ekskavasi ini dilaksanakan di Candi Abang yang berlokasi di Dusun Blambangan, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, D.I.Yogyakarta.

Ekskavasi Penyelamatan ini menindaklanjuti hasil Ekskavasi penyelamatan Candi Abang Tahap I dan II. Selain itu kegiatan ekskavasi penyelamatan terhadap Candi Abang ini perlu dilakukan karena bertujuan untuk menyelamatkan data-data arkeologi berkaitan dengan Candi Abang sebelum terjadi peristiwa yang akan mengakibatkan kerusakan data-data tersebut beserta konteks dan situsnya. Peristiwa-peristiwa yang dimaksud diantaranya potensi pengembangan kawasan pemukiman dan potensi kerusakan akibat alam maupun bencana alam.

Kegiatan Ekskavasi ini melibatkan sejumlah pihak yaitu Tim Kegiatan Ekskavasi Penyelamatan Candi Abang dari BPCB D.I.Yogyakarta, mahasiswa dan dosen dari Departemen Arkeologi, Fakultas Ilmu Budaya, UGM Yogyakarta. Kegiatan berlangsung selama 10 hari dari tanggal 27 April 2018 sampai dengan 9 Mei 2018. Pada kegiatan ekskavasi tahap III ini fokus untuk menemukan struktur profil bagian atas dan struktur lantai sisi timur yang secara masif ditemukan pada Tahap I dan II.  (Shinta Dwi Prasasti)



Back to top