Event & Kegiatan

Sosialisasi Cagar Budaya di "Car Free Day"


23 August 2018 Di Posting Oleh Admin

Kegiatan sosialisasi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tidak harus dilakukan di tempat formal dengan suasana tenang seperti kantor dan gedung pertemuan. Pada hari Minggu (5/8), Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta justru melakukan sosialisasi Cagar Budaya di tengah keramaian acara Car Free Day di Jalan Margo Utomo, Kota Yogyakarta. Acara tersebut diselenggarakan atas kerja sama antara Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta, seluruh Satuan Karya (Saka) yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, dan beberapa instansi pendukung antara lain Palang Merah Indonesia – Daerah Istimewa Yogyakarta dan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam rangka menyambut peringatan Hari Pramuka ke-57 yang mengusung tema “Pramuka Istimewa Garda Terdepan Perekat NKRI.

Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai wakil dari Satuan Karya (Saka) Widya Budaya Bakti ikut serta memeriahkan acara Car Free Day tersebut dengan melakukan sosialisasi Cagar Budaya. Sosialisasi dilakukan di stan pameran yang ada di selasar gedung kantor harian Kedaulatan Rakyat yang berada di sebelah timur Jalan Margo Utomo.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta menyuguhkan permainan bertema Cagar Budaya, baik yang bersifat elektonis berupa aplikasi game di komputer, maupun yang bersifat manual berupa puzzle bergambar Cagar Budaya. Permainan tersebut disediakan untuk menarik anak-anak agar dapat belajar tentang Cagar Budaya dengan senang melalui media yang menyenangkan.

Di stan Satuan Karya Widya Budaya Bakti-Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta juga menampilkan poster tentang praktik pelestarian Cagar Budaya yang dilakukan oleh pelajar pramuka. Di stan juga disediakan buku, buklet, dan leaflet berisi informasi tentang potensi Cagar Budaya yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, serta pin bergambar Cagar Budaya dan stiker berisi ajakan kepada masyarakat untuk melestarikan Cagar Budaya.

Stan-stan pameran dari beberapa Satuan Karya yang lain berderet di sepanjang selasar gedung kantor harian Kedaulatan Rakyat. Atraksi kesenian, aksi sosial, dan kegiatan edukasi yang dilakukan oleh masing-masing  Satuan Karya juga memenuhi sepanjang jalan. Pada hari itu keramaian Jalan Raya Margo Utomo, Kota Yogyakarta benar-benar tidak seperti hari-hari biasanya. Jalan raya yang membentang di sebelah selatan Tugu Jogja itu ramai bukan karena padatnya kendaraan yang melintasinya, namun karena semangat dari semua elemen masyarakat untuk menyambut peringatan Hari Pramuka ke-57. Salam Pramuka! (Ferry A.)



Back to top