Buku Tamu












Suara Anda

PURWANTO, 25 February 2017
Pesan :
Mohon maaf, untuk melengkapi koleksi perpustakaan sd palur 05 sudi kiranya bapakibu pimpinan memberi bantuan.
Respon Admin :
Kepada Saudara Purwanto. Untuk mendapatkan buku terbitan Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY, bisa mengajukan surat permohonan permintaan buku yang ditujukan kepada Kepala BPCB DIY. Demikian yang dapat kami sampaikan.



elen erlando, 23 February 2017
Pesan :
Selamat siang bapak/ibu yang terhormat, saya ellen Erlando, staf kalaprana konsultan. kami sedang melaksanakan pekerjaan Review Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Gunungkidul dari Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Gunungkidul. berkaitan dengan pekerjaan tersebut kami membutuhkan data terkait penetapan kawasan cagar budaya di kabupaten Gunungkidul. kami berharap bantuan dan perhatian bapak/ibu atas terjawabnya pesan ini. Terimakasih
Respon Admin :
Kepada Saudara Elen Erlando. Kawasan Cagar Budaya yang ditetapkan oleh bupati belum ada. Akan tetapi satuan ruang geografis yang mempunyai potensi cagar budaya prasejarah banyak tersebar di Karangmojo, Playen, Ponjong, Rongkop. Khusus untuk bangunan tradisional banyak dijumpai di Saptosari.

Afifah Sholihah, 03 November 2016
Pesan :
Mohon maaf saya ingin bertanya, apakah BPCB Yogyakarta memiliki data mengenai bangunan Museum Sasmitaloka Jenderal Sudirman? Dan data peta lama wilayah Plered? Terima kasih.
Respon Admin :
Kepada Saudari Afifah Sholihah. Sebagian data yang Anda inginkan mengenai bangunan Museum Sasmitaloka Jenderal Sudirman dan data peta lama wilayah Plered ada. Silakan bisa datang langsung ke kantor BPCB DIY.

Dini iscahyani, 20 October 2016
Pesan :
Selamat siang bapak/ibu yang terhormat, saya dini mahasiswi S1 Teknik Arsitektur UMS. Ingin menanyakan dan mencari data fisik benteng fort willem. Saat saya survey lamgsung ke lapangan pihak benteng fort willem memberikan informasi bahwa data benteng fort willem ada di bpcb Jogja (gambar kerja). Untuk dapat data tersebut prosedurnya bagaimana bapak/ibu? jika memang benar ada saya akan langsung ke jogja atau mungkin bisa dikirim melalui email mengingat lokasi yang lumayam jauh karena saya berada di Semarang. Terimakasih
Respon Admin :
Kepada Dini Iscahyani, Benteng Fort Willem yang terletak di Ambarawa berada di bawah kewenangan BPCB Jawa Tengah dan termasuk ke dalam wilayah kerjanya. Untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut mengenai Benteng Fort Willem bisa bertanya ke BPCB Jawa Tengah yang beralamat di Jalan Manisrenggo, Klaten, Jawa Tengah.

Erlina Dyah P., 06 October 2016
Pesan :
Saya ingin mencari peta kuno Yogyakarta sekitar abad 7 atau 10. Peta kuno kerajaan Kesultanan Yogyakarta apakah ada? Terimakasih....
Respon Admin :
Kepada Saudari Erlina Dyah P., BPCB DIY hanya mempunyai peta sebaran cagar budaya pada abad 7 dan 10 dan peta Kasultanan Yogyakarta.

Rahmatika Linggar Meisar, 23 September 2016
Pesan :
Selamat pagi bapak/ibu yang terhormat, saya Linggar, mahasiswa S1 Teknik Geodesi UGM. saya sedang mencari data yang terkait dengan skripsi saya dengan topik Analisis Perkembangan Fisik Kota Yogyakarta. Data yang saya cari berupa peta-peta lama/kuno kota yogyakarta dari tahun 1900an hingga tahun 1980an. Demikian data yang saya ingin cari, berkenaan dengan maksud saya mengirim pesan ini adalah menanyakan apakah data-data peta tersebut ada di BPCB Yogya, sekiranya ada saya bisa dikirimkan file digitalnya melalui email atau saya akan berkunjung ke kantor BPCB DIY, mengingat hal ini sangat penting bagi saya. terimakasih.
Respon Admin :
Kepada Saudari Rahmatika Linggar Meisar. Sebagian data yang Anda inginkan ada. Silakan bisa datang langsung ke kantor BPCB DIY untuk mencari data tersebut.

AMALIA PARAMITHAA, 25 November 2015
Pesan :
Assalamualaykum, Selamat Sore. Perihal tentang Keputusan Gubernur, dalam peraturan Gubernur no. 62 tahun 2013 pasal 19 terkait penggolongan dan pengkelasan Bangunan Cagar Budaya yang ingin saya tanyakan untuk panti rapih termasuk golongan yang ke berapa?. terima kasih.
Respon Admin :
Kepada Saudari Amalia Paramitha. Walaikumsalam. Panti Rapih adalah bangunan cagar budaya dengan Surat Keputusan Per. Men Budpar RI No. PM.07/PW.007/MKP/2010 tanggal 8 Januari 2010. Kemudian oleh Pemda pada tahun 2010 dikategorikan kelas C atau provinsi.

Mahesti, 03 November 2015
Pesan :
Selamat siang, saya sedang mencari data tulisan tentang Pathok Negoro. Untuk itu, saya mau tanya kira-kira pada tahun berapa masjid-masjid Pathok Negoro diresmikan menjadi cagar budaya? Apakah peresmian tersebut dituangkan dalam surat keputusan atau aturan tertentu? Jika ada, bolehkah saya meminta salinan surat keputusannya? Terima kasih.
Respon Admin :
Kepada Saudari Mahesti Hasanah. Berdasarkan cek data yang kami lakukan di Bagian Registrasi BPCB Yogyakarta, Masjid Pathok Negara "Sulthoni" Plosokuning yang sudah ditetapkan menjadi cagar budaya melalui SK Gubernur DIY No 210/KEP/2010. Adapun untuk salinan surat keputusannya sudah kami kirim ke email Saudari. Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

MURDANU, 25 October 2015
Pesan :
Tahun 2013, saya masih melihat papan petunjuk Cagar Budaya di kawasan Jalan Palagan sisi Timur. Tahun 2014 hingga tadi pagi, 25 Oktober 2015, saya tidak melihat papan itu lagi. Kemanakah papan itu? Apakah cagar budayanya dilenyapkan seperti yang di Jalan Pajeksan? Terima kasih. Salam, Murdanu
Respon Admin :
Berdasarkan cek data di Bagian Perlindungan BPCB Yogyakarta, BPCB Yogyakarta belum pernah memasang papan petunjuk tersebut. Kemungkinan papan petunjuk dipasang oleh Dinas Sosial Pemda Sleman sebagai penunjuk untuk Monumen Rejodani. Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatiannya, terima kasih.

Dendy Suryo , 06 June 2015
Pesan :
Lalu jika terjadi perubahan fasad bangunan cagar budaya di KCB Malioboro, apakah masyarakat dapat langsung melapor ke UPT Malioboro? Apakah UPT Malioboro memiliki tenaga ahli yang berkompeten dalam urusan kecagarbudayaan?
Respon Admin :
Apabila bangunan tersebut merupakan warisan budaya dan ada pelanggaran dapat dilaporkan ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Yogyakarta atau ke Dinas Kebudayaan DIY. Permasalahan tersebut akan menjadi pembahasan instansi lintas sektoral, baik pemerintah daerah propinsi, kota, maupun BPCB Yogyakarta. UPT Malioboro sebatas bagian dari stakeholder institusi pelestarian yang ada di kawasan Malioboro tersebut di atas. Apabila bangunan tersebut dengan status yang telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya dan ada indikasi pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan sebagaimana diatur dalam UU No 11 Tahun 2010 maka dapat dilaporkan ke PPNS BPCB Yogyakarta.


<< First | < Prev | 1 | 2 | 3 | Next > | Last >>

Poster Session

Kirim poster anda ke email kami maka akan kami tampilkan seperti layout dibawah ini.

Dikirim oleh : Dokumentasi BPCB

Office Address


Jl. Yogya-Solo km 15,Bogem ,Kalasan Sleman Yogyakarta 55571

Telp (0274) 496019 / 496419, Fax (0274) 496019

Email : bp3diy@yahoo.com




Back to top