Buku Tamu












Suara Anda

Mahesti, 03 November 2015
Pesan :
Selamat siang, saya sedang mencari data tulisan tentang Pathok Negoro. Untuk itu, saya mau tanya kira-kira pada tahun berapa masjid-masjid Pathok Negoro diresmikan menjadi cagar budaya? Apakah peresmian tersebut dituangkan dalam surat keputusan atau aturan tertentu? Jika ada, bolehkah saya meminta salinan surat keputusannya? Terima kasih.
Respon Admin :
Kepada Saudari Mahesti Hasanah. Berdasarkan cek data yang kami lakukan di Bagian Registrasi BPCB Yogyakarta, Masjid Pathok Negara "Sulthoni" Plosokuning yang sudah ditetapkan menjadi cagar budaya melalui SK Gubernur DIY No 210/KEP/2010. Adapun untuk salinan surat keputusannya sudah kami kirim ke email Saudari. Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.



MURDANU, 25 October 2015
Pesan :
Tahun 2013, saya masih melihat papan petunjuk Cagar Budaya di kawasan Jalan Palagan sisi Timur. Tahun 2014 hingga tadi pagi, 25 Oktober 2015, saya tidak melihat papan itu lagi. Kemanakah papan itu? Apakah cagar budayanya dilenyapkan seperti yang di Jalan Pajeksan? Terima kasih. Salam, Murdanu
Respon Admin :
Berdasarkan cek data di Bagian Perlindungan BPCB Yogyakarta, BPCB Yogyakarta belum pernah memasang papan petunjuk tersebut. Kemungkinan papan petunjuk dipasang oleh Dinas Sosial Pemda Sleman sebagai penunjuk untuk Monumen Rejodani. Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatiannya, terima kasih.

Dendy Suryo , 06 June 2015
Pesan :
Lalu jika terjadi perubahan fasad bangunan cagar budaya di KCB Malioboro, apakah masyarakat dapat langsung melapor ke UPT Malioboro? Apakah UPT Malioboro memiliki tenaga ahli yang berkompeten dalam urusan kecagarbudayaan?
Respon Admin :
Apabila bangunan tersebut merupakan warisan budaya dan ada pelanggaran dapat dilaporkan ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Yogyakarta atau ke Dinas Kebudayaan DIY. Permasalahan tersebut akan menjadi pembahasan instansi lintas sektoral, baik pemerintah daerah propinsi, kota, maupun BPCB Yogyakarta. UPT Malioboro sebatas bagian dari stakeholder institusi pelestarian yang ada di kawasan Malioboro tersebut di atas. Apabila bangunan tersebut dengan status yang telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya dan ada indikasi pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan sebagaimana diatur dalam UU No 11 Tahun 2010 maka dapat dilaporkan ke PPNS BPCB Yogyakarta.

Dendy Suryo, 30 May 2015
Pesan :
Dalam jangka waktu berapa bulan atau tahun sekali kah BPCB Yogya melaksanakan inspeksi, pendataan ulang, memonitor setiap perubahan yang terjadi pada lingkungan dan bangunan cagar budaya pada kawasan cagar budaya malioboro? Terimakasih sebelumnya Sukses selalu utk BPCB Yogya
Respon Admin :
Kepada Bapak Dendy Suryo. Untuk kawasan cagar budaya itu merupakan salah satu kawasan cagar budaya yang ditetapkan dengan SK Gubernur No 186 Tahun 2011. Ranah pengelolaan kecagarbudayaan kawasan cagar budaya seperti yang ada di dalam SK Gubernur itu merupakan kewenangan langsung Provinsi. Sedangkan aspek perijinan dan penataan di lingkungan jalan Malioboro ada UPT Malioboro dari pemerintah Kota Yogyakarta. BPCB Yogyakarta sebagai UPT pusat yang ada di daerah, yang wilayah kerjanya ada di kawasan tersebut dan di kawasan lainnya, secara koordinatif melakukan pengawasan dan upaya pelindungannya. Untuk kuantitas pelaksanaan monitoring di kawasan tersebut di lakukan oleh ketiga pihak tersebut. Model pelaksanaan pengawasan dengan berkelanjutan secara reguler.

Afifah Sholihah, 24 May 2015
Pesan :
Maaf, saya ingin bertanya. Apakah di perpustakaan BPCB Yogyakarta terdapat data mengenai Sumur Gumuling di Pesanggrahan Tamansari dan data mengenai AMS di Yogyakarta? Terima kasih
Respon Admin :
Kepada Saudari Afifah. Di perpustakaan BPCB Yogyakarta ada data dan beberapa sumber referensi mengenai Sumur Gumuling dan AMS di Yogyakarta. Untuk mendapatkan data yang dimaksud, bisa datang langsung ke perpustakaan BPCB Yogyakarta yang buka pada hari Senin s/d Jumat pukul 08.00-16.00 WIB. Demikian yang bisa kami sampaikan, terima ksaih.

Heri Purwanto, 18 May 2015
Pesan :
terima kasih atas saran dan bantaunnya. yang saya maksud lereng gunung lawu. sekali lagi saya ucapan terima kasih
Respon Admin :
Kepada Bapak Heri Purwanto. Iya pak sama-sama. Untuk data sebaran situs di lereng gunung lawu sebelah barat bisa menghubungi BPCB Jawa Tengah. Demiikian yang bisa kami sampaiikan, terima kasih.

Heri Purwanto, 13 May 2015
Pesan :
selamat siang, mohon maaf menganggu. saya mohon data peta sebaran situs di lereng gunung sebelah barat, bagaimana cara mendapatkannya. terima kasih atas bantuannya
Respon Admin :
Kepada Bapak Heri Purwanto, untuk data peta sebaran situs di lereng gunung sebelah barat, jika yang dimaksud adalah lereng Gunung Merapi sebelah barat maka Bapak bisa menanyakan hal tersebut kepada BPCB Jawa Tengah, karena daerah tersebut termasuk wilayah kerja BPCB Jawa Tengah. Demikian yang bisa kami sampaikan, terima kasih.

Rumanti, 13 May 2015
Pesan :
Saya dengar, BPCB Yogya memiliki program memutar film ke sekolah-sekolah. Bagaimana prosedurnya kalau ada sekolah ingin mengundang kegiatan ini dan bagaimana administrasinya? Terima kasih.
Respon Admin :
Kepada Ibu Suranti jika ingin mengundang bioskop keliling BPCB Yogyakarta untuk memutarkan film di sekolah bisa langsung mengirimkan surat permohonan pemutaran fillm yang ditujukan kepada Kepala BPCB Yogyakarta. Dalam surat tersebut mohon dicantumkan tempat dan waktu untuk pemutaran film serta nomor telepon yang bisa dihubungi. Demikian prosedur permohonan pemutaran film BPCB Yogyakarta, terima kasih.

hengki atmadji, 24 April 2015
Pesan :
Saya mau cari peta kuno Jogja minimal waktu pembangunan Kraton maupun Benteng Vredeburg. tks
Respon Admin :
Kepada saudara Hengki Atmaji, peta kota Yogyakarta tahun 1830 sudah kami kirim melalui email.

Ismail Nugroho, 23 September 2014
Pesan :
Saya pernah mengunjungi Makam Kuno di daerah Kulon Progo yang masih ada hubungan erat dengan Mataram semisal Makam Kebo Kenanga dan Pager Waja, mohon pihak BPCB agar sedikit memperhatikan kelestariannya agar nantinya tempat tersebut layak dikunjungi.
Respon Admin :
Kepada Ismail Nugroho terima kasih atas informasinya, akan kami koordinasikan dengan pihak terkait. Terutama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kulon Progo.


<< First | < Prev | 1 | 2 | 3 | Next > | Last >>

Poster Session

Kirim poster anda ke email kami maka akan kami tampilkan seperti layout dibawah ini.

Dikirim oleh : Dokumentasi BPCB

Office Address


Jl. Yogya-Solo km 15,Bogem ,Kalasan Sleman Yogyakarta 55571

Telp (0274) 496019 / 496419, Fax (0274) 496019

Email : bp3diy@yahoo.com




Back to top