Gereja Hati Kudus Yesus Pugeran, Yogyakarta


Di Posting Oleh Admin

Gereja Hati Kudus Yesus Pugeran, Jl. Suryaden, No. 63 (Jl. Bantul, No. 63), Yogyakarta Gereja Hati Kudus Yesus Pugeran adalah hasil karya arsitek Van Oyen, gereja ini didirikan dengan tujuan untuk menampung umat di Yogya bagian selatan dan Bantul utara. Hal ini disebabkan karena pada masa itu di Yogyakarta bagian selatan baru ada satu Gereja Katolik yaitu di Ganjuran. Gereja ini diberkati dan diresmikan penggunaannya pada tanggal 8 Juli 1934 oleh Romo van Kalken, SJ.
 
Selama masa Perang Kemerdekaan 19 Desember 1948 sampai dengan 19 Juni 1949, menjadi tempat pengungsian dan perlindungan bagi penduduk di sekitar Gereja Pugeran. Disamping itu, di bawah Rama Sandiwanbrata, PR., tempat ini juga difungsikan sebagai penghubung rahasia antara para pejuang gerilyawan perang kemerdekaan RI yang bergerak di dalam dan di luar kota Yogyakarta. Bangunan ini menggunakan atap tajug yang disangga oleh empat sokoguru di tengah ruangan. Keempat sokoguru tersebut melambangkan keberadaan empat penginjil yaitu Santo Mateus, Santo Markus, Santo Yohanes, dan Santo Lukas. Sebagai saka guru gereja.
 
Mencermati selubung tegak bangunan, maka nampak bahwa bangunan gereja tersebut juga mengacu pada arsitektur barat. Disamping itu, di bagian depan terdapat porch dan pintu masuk yang memiliki 2 lapis daun pintu dengan model Eropa. Karakter budaya Jawa tidak hanya corak arsitektur tetapi juga pada upacara-upacara Misa Kudusnya. Dapat dikatakan bahwa bangunan Gereja Pugeran ini merupakan gereja dengan bangunan gaya tradisional yang dipadukan dengan arsitektur barat. Bangunan ini telah masuk dalam inventaris benda tak bergerak Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Yogyakarta.

Masa Kolonial


RS. PANTI RAPIH
GEDUNG DPRD DIY
PASAR BERINGHARJO
MUSEUM BIOLOGI
POLTABESYOGYAKARTA
Hotel Inna Garuda
Gedung SMA Bopkri 1 Yogyakarta
MAKOREM 072 PAMUNGKAS
Benteng Vredeburg
Gereja Santo Antonius Kotabaru
Gedung SMPN 6 Yogyakarta
Gedung SMUN 3 Yogyakarta
Gereja Santo Yusup Bintaran
Gedung Bank Indonesia Yogyakarta
Kompleks Gedung Agung
Gedung BNI 1946
Kantor Pos Besar Yogyakarta
Gereja Hati Kudus Yesus Pugeran, Yogyakarta

Gallery Photos

Masa Prasejarah Photos, (26)


Masa Klasik Photos, (150)


Masa Islam Photos, (10)


Masa Kolonial Photos, (18)




Back to top