Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY


Di Posting Oleh Admin

     Bangunan Perpustakaan dan Arsip Daerah – Daerah Istimewa Yogyakarta berada di dekat ujung Jalan Malioboro. Bangunan ini didirikan pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Pada awalnya merupakan toko buku dan penerbit terkemuka di Kota Yogyakarta yaitu Kolf Bunning. Setelah tentara kolonial Jepang menguasai Kota Yogyakarta pada 5 Maret 1945, semua bagunan milik Belanda diambil alih, termasuk Kolf Bunning yang kemudian dijadikan Jepang sebagai kantor berita Domei pada 1942 -1945.
      Pada saat Republik Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, kantor berita Domei sebenarnya mengetahui tentang peristiwa tersebut, namun dilarang menyebarkannya oleh Gunsaikanbu (Kantor Pembesar Tentara Pendudukan Jepang). Kabar kemerdekaan Republik Indonesia tetap disebarluaskan oleh para petugas markonis dan wartawan berita Domei yang berjiwa nasionalis. Mereka secara sembunyi-sembunyi menyiarkan berita proklamasi kemerdekaan di seluruh Kota Yogyakarta. Berita bahagia tersebut juga sampai ke telinga Ki Hadjar Dewantara beserta anggota Taman Siswa lainnya, dan menggungah semangat mereka untuk ikut menyebarkan berita proklamasi kemerdekaan. Mereka mengumumkan proklamasi kemerdekaan dengan bersepeda dari Pawiyatan Tamansiswa kemudian berkeliling pusat kota Yogyakarta
    Pasca revolusi kemerdekaan sampai sekarang bangunan bekas kantor berita Domei tersebut digunakan sebagai Perpustakaan Daerah Yogyakarta. Bangunan berlantai dua. Komponen bangunan masih asli, belum banyak perubahan. Pada atap terdapat lembaran seng bergelombang yang lebar dengan konsol-konsol besi. Pada dinding bangunan terdapat jendela-jendela model lengkung. Untuk naik ke lantai II menggunakan tangga atau trap yang terbuat dari kayu jati. Lantai atas menggunakan papan kayu, sedangkan lantai bawah dahulu menggunakan lantai semen atau floor. Ada bangunan tambahan terletak di samping kanan pintu masuk dan difungsikan untuk perpustakaan anak-anak.
       

Masa Kolonial


Apotek Kimia Farma II
Apotek Kimia Farma I
Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY
RS. PANTI RAPIH
GEDUNG DPRD DIY
PASAR BERINGHARJO
MUSEUM BIOLOGI
POLTABESYOGYAKARTA
Hotel Inna Garuda
Gedung SMA Bopkri 1 Yogyakarta
MAKOREM 072 PAMUNGKAS
Benteng Vredeburg
Gereja Santo Antonius Kotabaru
Gedung SMPN 6 Yogyakarta
Gedung SMUN 3 Yogyakarta
Gereja Santo Yusup Bintaran
Gedung Bank Indonesia Yogyakarta
Kompleks Gedung Agung
Gedung BNI 1946
Kantor Pos Besar Yogyakarta
Gereja Hati Kudus Yesus Pugeran, Yogyakarta

Gallery Photos

Masa Prasejarah Photos, (55)


Masa Klasik Photos, (151)


Masa Islam Photos, (10)


Masa Kolonial Photos, (21)




Back to top