Apotek Kimia Farma I


Di Posting Oleh Admin

         Masalah kesehatan sudah mendapat perhatian khusus pada masa pemerintahan Hindia Belanda di wilayah Kota Yogyakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya beberapa apotek sebagai sarana penunjang kesehatan, di antaranya Apotek Juliana yang didirikan pada tahun 1865. Pada dinding gevel atau gable bagian depan apotek tersebut dahulu terdapat tulisan ANNO 1865 Chemis Druggises, Apotheek J. Van Gorkom & Co. Tulisan itu menandai tentang tahun pendirian, nama apotek, dan perusahaan yang menaunginya.
       Pada masa kemerdekaan, tulisan nama apotek di dinding depan tersebut diganti menjadi Apotek Kimia Farma Cabang Yogyakarta. Sekarang bangunan ini beralih fungsi menjadi waralaba Indomaret. Bangunan ini berdenah huruf L terdiri atas dua lantai menghadap ke timur. Bangunan berarsitektur indis dan gaya arsitektur seperti ini lazim menjadi salah satu landmark kota. Di Yogyakarta arsitektur indis banyak bermunculan seiring dengan pertumbuhan pemukiman - pemukiman baru yang dibangun Pemerintah Hindia Belanda.
        Bangunan pada bagian depan lantai dua tanpa pintu, hanya terdapat dua jendela dengan empat daun. Di atas jendela terdapat mahkota bersusun empat. Tangga untuk naik ke lantai atas terbuat dari jati yang di ujung atas tangga terdapat balkon terbuat dari pagar kayu.
       Atap berbentuk limasan dengan kemiringan yang tajam, dan berbahan genteng. Terdapat gable di atap yang dimodifikasi dengan bentuk lengkung di bagian atas dan tepi.

Masa Kolonial


Tugu Ngejaman
Kawasan Pecinan Ketandan
Menara Sirine (Gaok Pasar Gedhe Beringharja)
Bangunan Pertokoan Tempat Usaha di Malioboro
Saluran Air
Dam Makam Bulan
Bioskop Indra
Pasar Beringharjo
Apotek Kimia Farma II
Apotek Kimia Farma I
Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY
RS. PANTI RAPIH
GEDUNG DPRD DIY
PASAR BERINGHARJO
MUSEUM BIOLOGI
POLTABESYOGYAKARTA
Hotel Inna Garuda
Gedung SMA Bopkri 1 Yogyakarta
MAKOREM 072 PAMUNGKAS
Benteng Vredeburg
Gereja Santo Antonius Kotabaru
Gedung SMPN 6 Yogyakarta
Gedung SMUN 3 Yogyakarta
Gereja Santo Yusup Bintaran
Gedung Bank Indonesia Yogyakarta
Kompleks Gedung Agung
Gedung BNI 1946
Kantor Pos Besar Yogyakarta
Gereja Hati Kudus Yesus Pugeran, Yogyakarta

Gallery Photos

Masa Prasejarah Photos, (55)


Masa Klasik Photos, (151)


Masa Islam Photos, (11)


Masa Kolonial Photos, (29)




Back to top