Bangunan Pertokoan Tempat Usaha di Malioboro


Di Posting Oleh Admin

Toko-toko di sepanjang Jalan Malioboro mulai ada pada akhir abad 19, namun mulai merebak dibangun pada awal abad 20, yaitu antara tahun 1900 - 1930-an. Bangunan pertokoan yang ada di sepanjang Jalan Malioboro terdiri atas beberapa bangunan toko seperti toko onderdil mobil, toko sepeda, apotek, toko musik, toko buku, salon, dan kantor asuransi. Beberapa ragam corak bangunan yang menonjol adalah indis transisional. Corak tersebut juga banyak dipakai untuk bangunan-bangunan perkantoran yang ada di pusat Kota Yogyakarta.

Dikarenakan peruntukkannya sebagai toko atau tempat usaha, maka ragam corak yang menonjol adalah gable dengan bermacam ragam hias untuk memperkuat tampilan fasad. Corak yang menonjol dapat disebutkan bahwa di sudut utara di ujung simpul jejalur selatan Stasiun Tugu terdapat bangunan dengan stepped gable. Di depan Hotel Garuda terdapat bangunan dengan gable berbentuk lonceng yang mencolok yang dulu digunakan untuk Apotek Juliana. Di sebelah kirinya terdapat sebuah bangunan dengan fasad indah dalam langgam arsitektur art deco. Pertokoan bergaya indis, baik di sebelah barat dan timur jalan dengan letak saling berdekatan namun menyebar di sepanjang jalan poros.

Corak lainnya adalah bergaya arsitektur Tionghoa yang menggunakan atap pelana dan mahkota dinding atap dengan model kopel atau rumah deret. Rumah bergaya Tionghoa di sepanjang Malioboro didominasi dengan model dua lantai dengan teras di bagian lantai atas. Rumah toko dua lantai dapat dibedakan menjadi dua, yaitu lantai atas depan dengan pintu dan tanpa pintu. Lantai atas dengan pintu utama di depan terdapat dua buah jendela di sisi kiri dan kanannya, serta dilengkapi dengan pagar teras. Untuk rumah dua lantai yang bagian lantai atas depan tanpa pintu hanya dilengkapi dengan dua buah jendela.

 

Kondisi saat ini pertokoan dengan fasad yang mempunyai karakteristik indis dan Tionghoa tersebut sebagian besar tertutup dengan adanya baliho reklame toko. Dengan demikian corak autentik bangunan tidak tampak dan yang menonjol adalah seolah-olah bangunan dengan bentuk fasad kontemporer.

Masa Kolonial


Hotel Tugu
Bank BNI 1946 (Nillmij)
Kantor Pos Besar Yogyakarta
Tugu Ngejaman
Kawasan Pecinan Ketandan
Menara Sirine (Gaok Pasar Gedhe Beringharja)
Bangunan Pertokoan Tempat Usaha di Malioboro
Saluran Air
Dam Makam Bulan
Bioskop Indra
Pasar Beringharjo
Apotek Kimia Farma II
Apotek Kimia Farma I
Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY
RS. PANTI RAPIH
GEDUNG DPRD DIY
PASAR BERINGHARJO
MUSEUM BIOLOGI
POLTABESYOGYAKARTA
Hotel Inna Garuda
Gedung SMA Bopkri 1 Yogyakarta
MAKOREM 072 PAMUNGKAS
Benteng Vredeburg
Gereja Santo Antonius Kotabaru
Gedung SMPN 6 Yogyakarta
Gedung SMUN 3 Yogyakarta
Gereja Santo Yusup Bintaran
Gedung Bank Indonesia Yogyakarta
Kompleks Gedung Agung
Gedung BNI 1946
Kantor Pos Besar Yogyakarta
Gereja Hati Kudus Yesus Pugeran, Yogyakarta

Gallery Photos

Masa Prasejarah Photos, (55)


Masa Klasik Photos, (151)


Masa Islam Photos, (11)


Masa Kolonial Photos, (32)




Back to top