Video (Detail)


15 April 2015 Di Posting Oleh Admin

Tinggalan Pusaka Kotagede Yogyakarta Part 1


Menata Tinggalan Pusaka Kotagede

Pada masa sekarang Kotagede dikenal masyarakat sebagai daerah wisata yang eksotik dengan tinggalan budaya berupa bangunan kuno yang tersebar di dalamnya. Beragam bangunan kuno tersebut membuktikan bahwa Kotagede merupakan kota yang bernilai historis tinggi. Berdasarkan penelitian terhadap tinggalan arkeologis yang ada, diketahui bahwa Kotagede memiliki sejarah yang panjang dalam perjalanannya menjadi sebuah kota seperti saat ini.

 Sejarah Kotagede bermula dari  Ki Gede Pemanahan yang membuka sebuah hutan bernama Alas Mentaok. Hutan itu diperoleh dari Raja Pajang sebagai hadiah atas keberhasilannya mengalahkan musuh kerajaan. Selanjutnya Ki Gede Pemanahan beserta keluarga dan pengikutnya membuka hutan tersebut untuk dijadikan sebuah pemukiman. Lambat laun pemukiman yang semula hanya berupa desa kecil kemudian menjelma menjadi kota kerajaan yang ramai dan makmur lalu diberi nama Kotagede atau yang berarti kota besar.

 Kotagede tumbuh menjadi kota kerajaan yang besar seiring berdirinya kerajaan Mataram Islam yang didirikan anak Ki Gede Pemanahan, yakni Panembahan Senapati. Keagungan Kotagede yang dahulu pernah menjadi pusat kerajaan Mataram Islam dibuktikan dengan adanya tinggalan-tinggalan bangunan kuno berupa makam raja, masjid, benteng cepuri dan baluwarti serta berbagai rumah tradisional Jawa yang masih bisa kita lihat sampai sekarang.




Back to top